Minggu, 28 Februari 2016

Cara Meloloh Anakan Lovebird

Dalam merawat anakan burung lovebird, Anda harus memilih apakah ingin memberi makan anakan lovebird tersebut sendiri (handfeeding) atau melolohnya lewat indukannya.


Bila Anda memutuskan untuk meloloh memakai indukan, Anda harus menambah porsi makan indukan menjadi tiga kali lipat dari biasanya. Sebab bila asupan makanannya tidak tercukupi, indukan dapat stress dan dapat berakibat kematian. Anda juga harus sering membersihkan kandang supaya tidak menimbulkan penyakit bagi anakan lovebird. Perlu diingat, dalam pembersihan kandang Anda harus berhati-hati supaya induk lovebird tidak stress.
Melakukan hand feeding (Meloloh sendiri)
Bila Anda ingin meloloh anakan lovebird sendiri (handfeding) maka Anda harus memperhatikan beberapa faktor, diantarang ialah waktu. Anda harus benar benar mempunyai waktu yang cukup untuk meloloh anakan lovebird. Anakan lovebird yang akan Anda loloh minimal telah berusia dua minggu sebab pada usia ini kondisi fisik anakan lovebird sudah cukup kuat.
Kotak inkubator
Kotak inkubator berfungsi sebagai tempat untuk anakan lovebird setelah mereka diambil dari glodog (kotak sarang). Anakan lobird sebaiknya tetap dirawat di dalam kotak inkubator sampai usianya mencapai dua bulan. Ukuran kotak inkubator harus disesuaikan denga jumlah anakannya, untuk 5 ekor anakan ukuran kotak yang sesuai ialah 30 cm X 30 cm X 50 cm. Kotak inkubator ini harus dilengkapi dengan lampu berdaya 5  watt. Dasar kotak inkubasi diberi substrat (bahan-bahan) seperti yang ada di dalam glodog, bahan-bahan ini secara rutin harus diganti untuk menjaga kebersihan kotak inkubator.
Alat-alat
Untuk melakukan pelolohan, Anda dapat menggunakan suntikan berukuran 10ml yang ujungnya diberi karet angin. Karet angin ini dipasang di ujung suntikan (tempat jarum) yang berfungsi untuk menyalurkan makanan ke dalam kerongkongan anakan lovebird.
Bahan makanan
Untuk melakukan handfeeding Anda harus menentukan bahan makanan apa yang akan Anda berikan pada anakan lovebird. Bahan makanan yang umumnya digunakan ialah bubur bayi dari beras merah atau kacang hijau. Selain itu Anda juga bisa menambahkan jagung dan sayuran yang sudah diblender  (dihaluskan). Anda harus memperhatikan suhu bahan makanan yang akan Anda berikan pada anakan lovebird. Pastikan suhunya berkisar antara 38-40 derajat celcius. Untuk anakan yang masih muda sebaiknya Anda memberikan makanan yang encer, lalu  ditambah kekentalannya seiring pertambahan usia anakan lovebird.
Melakukan pelolohan
Lakukan pemberian makan setiap 5-6 jam sekali. Setiap anakan diloloh makan sampai temboloknya terlihat penuh. Bila sudah penuh hentikan pamberian pakan. Pemberian makan berikutnya ialah sampai temboloknya sudah kosong (biasanya 4-5 jam), kadang-kadang ada anakan lovebird yang temboloknya lebih cepat kosong. Namun, bila temboloknya sangat lama kosong kemungkinan lovebird tersebut mengalami masalah pencernaan.

Pencarian Cara Meloloh Anakan Lovebird

umur lovebird bisa makan sendiri, anakan lovebird bisa makan sendiri umur berapa, cara melatih anakan lovebird makan sendiri, anakan lovebird makan sendiri, melatih anakan lovebird makan sendiri, berapa lama burung love bird bisa makan sendiri, umur berapa anakan lovebird bisa di loloh, berapa lama anakan lovebird bisa makan sendiri, lovebird star blue, cara agar anak lovebird cepat makan biji mix 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar