Senin, 07 Maret 2016

Ciri-Ciri LB Siap Lomba

Hi para LBlovers, LB kalian sudah siap dilombakan belum ?, jangan sembarangan memutuskan pendapat, nanti fatal akibatnya. kalian perlu tahu  bagaimana ciri-ri LB yang siap di lombakan. ciri-ciri lovebird yang siap dilombakan tentu saja modalnya bukan hanya soal suara, atau sudah gacor atau belum. Namun ada hal penting lain yang harus anda perhatikan sebelum LB ikut lomba. Karena lovebird memiliki tingkat birahi yang tidak stabil. Dan jika anda tetap memaksakan lovebird yang dalam kondisi belum siap untuk iktu lomba, maka lovebird tersebut akan sangat sulit mengeluarkan potensi-potensi yang ada pada lovebird tersebut. Akibatnya LB milik kamu sangat sulit untuk menjadi  juara di arena lomba.
Untuk itu kita harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melombakannya dan bagaimana memahami ciri-ciri lovebird yang siap lomba. Tips-tips yang akan kami berikan ini berdasarkan pengalaman dan pengakuan para lovebirdlovers master yang sukses menjadikan lovebird jagoannya sebagai jawara.
Lovebird siap dilombakan memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa anda amati poda lovebird milik. Berikut ini informasi lengkapnya untuk anda.
Usia lovebird
Masalah  usia, lovebird memang bisa ikut lomba meskipun usianya baru 3 atau 4 bulan. Tetapi sebenarnya lovebird berusia muda belum ideal untuk diikut lomba. Alangkah baiknya lovebird yang diikutkan lomba sudah berumur 6 bulan ke atas karena lovebird diusia ini sudah stabil secara fisik dan mentalnya.
Kondisi kesehatan
Lovebird bisa dikatakan siap dilombakan jika sedang dalam kondisi fit. Lovebird yang sehat akan top perform di lapangan. Jangan sampai memaksa lovebird untuk dilombakan jika sedang molting atau mabung.
Kondisi birahi
Lovebird mempunyai tingkat birahi yang stabil, dalam arti tidak over birah (OB). Sebab jika sampai OB, burung akan terlihat seperti mengejar-ngejar lovebird lainnya. Hal ini jelas mempengaruhi penilaian, meski burung aktif ngekek.
Artinya, jika lovebird yang sedang tidak stabil atau over birahi maka penampilannya akan mengecewakan. Meskipun over birahi lovebird akan tetap ngekek, tetapi akan mengurangi penilaian juri terhadap lovebird yang dilombakan dalam kondisi serperti ini.
Rajin bunyi
Lovebird yang siap lomba bisa juga diamati dari intesnsitas ngekeknya, jika rajin ngekek.Entak ngekek dengan durasi panjang atau pendek sambil berdiri di atas tangkringan/tenggeran. Atau bisa juga kita amati dari gesture tubeh dan gerakan sayapnya.  Ini bisa diamati sejak H-1 hingga menjelang digantang di lapangan. Kalau burung sering mengepakkan sayap dengan ujung sayap menyilang, berarti lovebird milik sobat sudah siap lomba.
Lovebird latah
Latah disini maksudnya adalah lovebird mudah terpancing oleh lingkungan di sekitarnya,. Biasanya lovebird yang siap lomba akan langsung menyahut atau membalas kekekan jika mendengar burung lovebird lain yang sedang ngekek. Biasanya lovebird yang kondisi mentalnya bagus sering melakaukan balasan kekekan dengan membusungkan dada jika mendengar tepuk tangan atau kekekan burung lovebird lain.
Tingkah Laku
Beberapa lovebird yang memiliki mental baik akan terlihat membusungkan dada ketika berhadapan dengan burung sejenis. Ketika dipancing dengan tepuk tangan atau suara lainnya, burung langsung membalasnya.
Sebagian pemain senior mengamati lovebird siap lomba dengan memperhatikan bentuk dan gerakan sayapnya. Kalau burung sering mengepakkan sayap, dengan ujung sayap yang menyilang, berarti sudah siap lomba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar