Minggu, 14 Februari 2016

Cara Membedakan LB Jantan Dan Betina

Hi Bird Lovers, LB merupakan burung yang sangat unik dan memiliki bulu indah dan suara yang merdu. Membedakan LB jantan dan betina  sebenarnya gampang, namun itu berlaku buat yang berpengalaman. Lalu bagaimana jika anda seorang pemula, tentunya akan sedikit susah. Membedakan LB jantan dan LB betina cukup penting, entah itu untuk tujuan perkembangbiakan atau untuk mencari talent unggul bersuara merdu, karena LB jantan memiliki suara yang lebih merdu  dibandgkan betina. LB jantan juga gampang dilatih. Berikut cara membedakan LB jantan dan betina yang dilansir melalui www.binatangpeliharaan.org 

PERBEDAAN FISIK


Ciri fisik antara lovebird jantan dan betina adalah :
1. Bentuk Ekor

Paling mudah membedakan LB jantan atau betina adalah dengan melihat bentuk ekornya. Jika jantan ujung ekornya membentuk huruf v atau lancip. Jika betina bentuk ekornya datar seperti burung merpati. Perhatikan gambar berikut.
2. Bentuk Kaki


Bentuk kaki in bisa dilihat pada posisi lovebird sedang bertengger. Posisi betina lebih melebar kesamping kakinya atau ngangkang, sedangkan jantan lebih rapat dan tidak melebar.
3. Bentuk Paruh

Bentuk paruh lovebird bisa dilihat dari dekat agar jelas. Bentuk dari paruh lovebird jantan biasanya lebih runcing dari atas ke bawah dan terlihat kering. Sedangkan bentuk paruh lovebird betina akan lebih melebar dari panggkalnya.
4. Bentuk Sayap 
Selain pada bentuk ekornya cara termudah membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan memperhatikan bentuk sayapnya. Bentuk sayap sering dijadikan patokan dalam membedakan jenis kelamin lovebird. Jika burung lovebird jantan, ujung sayap lebih sering terlihat dalam posisi menyilang dan merapat. Sedangkan pada burung lovebird betina dalam posisi lebih terbuka dan melebar kesamping

5. Bentuk Kepala

Bentuk kepala lovebird juga bisa menjadi patokan jenis kelamin lovebird. Kepala jantan kebanyakan lebih kecil dan bulat tetapi rata di bagian atas . Sedangkan pada betina kepala terlihat lebih besar dan menonjol secara umum.

PERBEDAAN TINGKAH LAKU

1. Saat Birahi
Pada saat lovebird sudah berjodoh biasanya kepala jantan mengangguk atau bergetar seakan ingin memberi makan pada anaknya. Lovebird jantan akan melolohkanya ke betina, ini adalah perilaku yang cukup jelas untuk menjadi patokan kita dalam menetukan LB jantan dan LB betina.
2. Membawa bahan sarang
LB Betina lebi rajin membawa bahan sarang ketika membangun sarangnya dibandingkan dengan LB jantan. Ini juga bisa kita masukkan kedalam faktor pembanding kita.
3. Mengigit objek dari dalam kandang
LB betina lebih bersifat agresif didalam kandangnya. Ini mungkin normal karena sifat keibuannya yang lebih agresif melindungi sarang. Nah jika kita memasukkan objek kedalam kandang biasanya LB betina mematuk-matuk atau mengigitnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar