Rabu, 09 Maret 2016

Penyebab LB Tidak Jinak


Menjinakan burung khususnya lovebird  seharusnya sudah bukan lagi menjadi pertanyaan , namun faktanya ternyata masalah ini tetap menjadi pertanyaan  dari sebagian besar penggemar burung terlebih mereka yang memiliki masalah burung peliharaannya yang tetap tidak mau jinak meski sudah dirawat selama berbulan-bulan bahkan mencapai setahun.

Hal pertama yang harus anda perhatikan andalah kondisi psikologis dari LB anda, miasalnya burung yang didapatkan dari tangkapan hutan, atau burung bakalan yang baru dibeli dari pasar burung. 


Banyak penggemar burung yang langsung memandikan dan menggantungnya di tempat yang ramai dengan akitivitas atau lalu-lalang manusia. Padahal hal itu justru tidak memberi dampak yang tidak baik bagi burung tersebut, alih-alih tambah jinak, burung justru akan bertambah liar. Karena itu, untuk burung bakalan yang baru anda dapatkan, sebaiknya burung tersebut dikarantina dahulu di tempat yang tenang agar bisa beradaptasi selama beberapa hari.


Jika burung bakalan dalam satu hari perawatan langsung diberi terapi penjinakan, misalnya dimandikan dengan basah dan diletakan di tempat yang ramai, maka yang ada adrenalin mereka akan selalu meningkat, yang mengakibatkan mereka akan merasa tidak tenang dan selalu bersifat curiga serta waspada, gerakan dikit saja dari kita mereka langsung pontang-panting didalam sangkarnya.  Jika beberapa hari burung terus dipaksakan di tempat ramai yang membuat adrenalin mereka selalu naik, maka sudah bisa dipastikan proses penjinakan akan mengalami kegagalan atau bisa berlangsung lebih lama dari yang biasanya.

Itulah sebabnya mengapa masih banyak pengemar burung yang mengaku burungnya tetap tidak mau jinak meski sudah dirawat selama berbulan-bulan atau tahunan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar